Senin, 21 Juli 2008

Why Must Tarbiyah...?


Kenapa musti tarbiyah, apa pentingnya tarbiyah ?.....ya kenapa tiap pribadi muslim harus tertarbiyah baik ruhiyah ataupun jasadiayahnya....tulisan ini hanyalah secuil suplemen dan imunitas buat diri yang sering lalai dan kadang terasa futur dan kehilangan semangat.


Sungguh risalah dakwah ini disampaikan oleh beliau dahulu dan para sahabat dengan cucuran keringat perasan darah bahkan dengan mengorbankan selembar nyawa , namun sungguh manis terasa apa yang mereka lakukan,alangkah manisnya iman yang tertanam didalam dada, yang tak tergoyahkan dengan himpitan batu besar di dada ditengah terikan panas padangpasir ...ahad..ahad..tak tersingkirkan walau harus disingkirkan dari kampung halaman dan sanak saudara,tak terkalahkan walau tajamnya pedang, runcingnya tombak menghunjam tubuh. sungguh pribadi-pribadi luar biasa itu telah membangun dan menopang pondasi dakwah yang kokoh dan kuat berakar .


Apa kunci dari semua ini...tarbiyah lah jawabannya.. ya pribadi-pribadi mulia ini telah digembleng oleh sang guru agung Rasulullah Muhammad SAW, berawallah dakwah ini dari rumah Arqom bin Arqom, dari halaqoh ke halaqoh, begitulah dakwah ini disampaikan hingga saat ini dan akan sampai nanti akan tetap demikian.
ya tarbiyah inilah yang akan melahirkan pribadi-pribadi islam yang akan mewarnai sekelilingnya,bukan diwarnai,ini yang pertama sa'siyah islamiyah (pribadi-pribadi muslim) dari sinilah nanti akan muncul sa'siyah daiyah yang akan melahirkan para dai dan penyeru dakwah hingga munculla pribadi-pribadi pergerakan dan harokah yang akan terus siap mengemban dakawah, hingga terbentuk sebuah masyarakat islami yang didamba yang benar-benar menjadi khlifatu fil ard yang benar-benar bertanggung jawab dengan kekhalifahannya...wallahu'alam


Padangpanjang, 22 Juli 2008
wahai diri sabarlah dan tegarlah disini....

Tidak ada komentar: